10 Tips dan Cara Jitu Meningkatkan Traffic Blog atau Web


Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada anda yang telah mengunjungi dan membaca blog baru saya ini. Semoga blog ini bermanfaat bagi anda dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini.
Traffic bagi suatu blog sangatlah penting. Tanpa traffic blog atau web kita akan terasa ‘hambar’ karena blog kita akan sepi dan tulisan yang kita buat akan percuma, karena tidak dibaca orang lain atau hanya sedikit yang membaca. Mempunyai blog atau web dengan traffic yang melimpah merupakan idaman setiap blogger, iya kan? termasuk juga saya sendiri yang masih nuwbie hhe... Untuk membuat blog kita ‘ramai’, tentunya perlu sedikit pengorbanan (ya iyalah, maunya yg instan2 terus,,..he..he..).
Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara mendatangkan pengunjung yang banyak ke blognya, terutama para blogger newbie, seperti saya ini…he..he.. setelah cari dan tanya sana-sini, saya menemukan banyak sekali cara agar blog kita ramai pengunjung, yang semuanya intinya kira-kira hampir sama.
 Ok,kali ini saya akan berbagi sedikit tips untuk mendatangkan traffic / pengunjung pada blog kita. Disini saya hanya akan membahas intinya saja, karena ada beberapa yang tidak begitu berpengaruh atau sedikit berpengaruh terhadap blog kita. Ok, langsung saja, berikut cara-cara yang harus dilakukan :

1.    Perbanyaklah artikel dalam blog anda
Blog-blog yang mempunyai banyak traffic atau pengunjung biasanya mempunyai banyak artikrel. Akan tetapi jangan hanya membuat artikel yang banyak tetapi tidak bermanfaat. Buatlah artikel yang menarik, bermanfaat, dan dalam jumlah banyak. Banyak pengunjung yang biasanya lebih menyukai blog dengan artikel yang banyak tetapi menarik. Namun jika anda tidak memiliki keahlian membuat artikel yang bagus, jangan putus asa, “Banyak jalan menuju Roma” he..he… caranya, tentukan dahulu tema artikel yang ingin anda buat, kemudian cari sumber mengenai tema tersebut di internet, jika anda menemukan artikel yang menarik, jangan asal CoPas (Copy Paste) artikel tersebut ke blog anda, tetapi ulaslah artikel tersebut dan tulis ulang dengan bahasa dan kata-kata anda sendiri, lalu pasang di blog anda, begitu pula jika anda menemukan artikel yang menarik dan ingin memasangnya di blog anda. Hal ini digunakan untuk menghargai hasil karya sesama blogger. Selain itu, copas akan mematikan daya kreatifitas kita, kita jadi tidak punya kreatifitas untuk berkarya, dan hanya menjiplak hasil karya orang lain. Jadi buatlah artikel dengan kreatifitas kita sendiri. Bila perlu, cantumkan URL sumber artikel anda, itung-itung sebagai rasa terima kasih kepada penulis artikel tersebut.

2.    Seringlah update blog anda secara konsisten
Update blog anda sesering mungkin, karena blog biasanya menyajikan mengenai informasi tertentu. Karena informasi lama-kelamaan akan menjadi usang dan menurunkan daya gunanya. Update-lah blog anda dengan informasi-informasi terkini dan bermanfaat, dan INGAT! JANGAN HANYA COPAS ARTIKEL ORANG LAIN.

3.    Submit blog ke Social Bookmark
Cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan traffic blog kita. Silakan submit setiap artikel yang anda tulis ke social bookmark. Karena orang biasanya hanya mengoptimalkan page rank pada halaman awalnya saja, akan tetapi agak ‘melupakan’ setiap postingan artikelnya. Selain itu, dengan submit ke social bookmark, anda akan mempunyai banyak backlink dari social bookmark tersebut.
Berikut ini beberapa social bookmark :
·         http://digg.com
·         http://lintasberita.com     (Indonesia)
·         http://infogue.com           (Indonesia)
4.    Sering-seringlah blogwalking di blog orang lain
Blogwalking atau jalan jalan ke blog orang lain dan meninggalkan komentar juga cukup berpengaruh untuk meningkatkan traffic di blog anda. Sekali lagi untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita, tentunya perlu berusaha, jangan hanya menunggu orang datang dan membaca blog kita. Blokwalking merupakan salah satu cara yang cukup baik untuk meningkatkan pengunjung blog kita. Karena pada komentar yang kita tunggalkan terdapat link menuju bog kita. Sering-seringlah blokwalking ke blog orang lain, terutama yang mempunyai pagerank tinggi. Isi dengan komentar yang baik dan santun, dan kalau bisa berkomenlah dengan kata-kata yang menarik, sehingga orang yang membaca komen kita akan tertarik untuk mengunjungi blog kita.

5.    Postinglah artikel yang menarik
Orang yang membaca artikel akan lebih betah bila artikel yang dibacanya menarik dan sesuai dengan apa yang sedang mereka cari. Untuk itu, jika anda ingin memposting artikel hendaknya dibuat semenarik mungkin agar pembaca betah membacanya. Jika artikel yang anda posting menarik, maka orang akan senang berkunjung ke blog anda.

6.    Submit blog ke web direktori
Berikut ini ada beberapa web direktori yang prosesnya cukup mudah. Saat submit blog ke direktori pilih Free Submit tanpa Reciprocal Silakan dicoba :
·         http://www.linkforfree.com.ar

7.    Buatlah internal link
Internal link adalah link dalam postingan kita yang mengarah pada postingan kita yang lain, contohnya seperti ini……………………….(Klik untuk melihat postingan tersebut).
Diantara manfaat internal link adalah :
a.       Memberi tau pada orang yang membaca artikel kita tentang postingan atau artikel kita yang terkait dengan artikel yang dibaca orang tersebut
b.      Membuat pembaca betah berlama-lama di blog kita, apalagi jika artikel kita menarik dan kita mempunyai  banyak artikel dengan tema sejenis lalu kita buat internal link-nya
c.       Agar postingan kita terindeks oleh mesin pencari seperti Google

8.    Submit blog ke artikel submission
Submit blog/postingan anda ke situs artikel submission. Ini juga meningkatkan jumlah backlink ke
blog kita dan meningkatkan pagerank blog kita.
9.    Seringlah posting yang mengenai topik yang sedang hangat dibicarakan banyak orang
Orang-rang akan mencari informasi yang hangat dibicarakan, jadi postinglah artikel yang hangat 
dibicarakan dan dicari-cari banyak orang. Jangan memposting artikel yang sudah 'kadaluwarsa'


10.    Jadilah blogger yang friendly
Pengunjung akan lebih nyaman membaca artikel yang kita buat jika bahasa yang digunakan friendly
dan kita ramah menyapa pengunjung.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi para blogger pemula. Jika ada
update akan saya tambahkan..

5 komentar:

  1. Makasih Infonya mas.... Izin Praktek wkwkwk =)) =))
    mampir yah...
    http://erikjonsitanggang.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Sdh dicoba nehh....msh belum ok trafficnya

    BalasHapus
  3. thank sob ilmunya..
    sambil belajar nge-blog saya akan coba terapkan metode di atas! hehehe :D

    BalasHapus
  4. Blogwalking dulu ah ! Visit y sob, Free Backlink !

    http://bcss3.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. kayaknya boleh dicoba nih ilmunya. terima kasih gan untuk ilmunya akan ane pake sebijaknya.

    BalasHapus